fbpx

Hatha Yoga melatih tubuh agar kuat dan lentur dengan berbagai gerakan. Namun, apakah Clean People tahu berbagai manfaat melakukan Hatha Yoga?

Mungkin beberapa orang masih belum mengetahui manfaat yang dihasilkan jika melakukan Hatha Yoga.

Kabar baiknya, Clean People sudah berada di artikel yang tepat. Karena, kita akan membahas berbagai macam manfaat yang kita dapat jika melakukan Hatha Yoga.

Seperti apa manfaatnya? Eits, sabar! Sebelum masuk ke topik inti, Clean People harus tahu dulu apa itu Hatha Yoga.

Yuk, disimak!

Baca juga :

Hatha Yoga adalah Yoga yang cocok dilakukan untuk pemula ketika mencoba Olahraga Yoga. Gerakan dan pose dalam Hatha Yoga umumnya tidak terlalu sulit dan dilakukan secara perlahan. Selain itu, Hatha Yoga bermanfaat untuk meredakan stres, cemas, sakit punggung, meredakan gejala menopause, serta dapat meningkatkan kualitas tidur dan fleksibilitas tubuh, dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa Manfaat Melakukan Hatha Yoga

Beberapa Manfaat yang dihasilkan ketika melakukan Hatha Yoga sangat mempengaruhi kesehatan diri untuk jangka waktu yang panjang.  Antara lain, yaitu :

1. Mengurangi Stres

      Hatha yoga menggunakan teknik pernapasan dan meditasi yang dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang

2. Mengurangi Rasa Cemas

      Berlatih Hatha Yoga dapat berdampak pada sistem saraf pusat. Maka dari itu, yoga dapat menurunkan rasa cemas yang belebihan dan memperbaiki gejala depresi, serta penyakit mental lainnya.

3. Meredakan Sakit Punggung & Leher

      Hatha yoga juga dipercaya dapat mengurangi intensitas nyeri leher sekaligus meningkatkan pergerakan leher yang sakit.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

      Manfaat yoga ini juga bisa dirasakan oleh orang dengan kondisi tertentu, seperti lansia, wanita hamil, wanita dengan gejala menopause, serta penderita penyakit seperti kanker dan radang sendi.

5. Melatih Fleksibilitas Tubuh

      Ketika melakukan berbagai pose yoga, termasuk hatha yoga, otot-otot tubuh akan merengang. Hal ini akan melatih tubuh bergerak dengan lebih bebas dan tidak kaku.

6. Meredakan Gejala Menopause

      Hatha yoga juga baik untuk wanita yang tengah mengalami gejala menopause, seperti sering merasa kepanasan atau kegerahan, nyeri otot, sakit kepala, susah tidur, dan perubahan suasana hati. Hal ini diduga karena hatha yoga dapat meningkatkan produksi hormon pengusir stres alami, yaitu hormon endorfin.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

      Hatha Yoga dan Olahraga secara rutin juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Hatha yoga juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan dan fungsi paru, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :

Relatifnya, kelas Hatha Yoga berlangsung selama 45-90 menit. Kelas biasanya dimulai dengan pemanasan dan di akhiri dengan meditasi singkat. Terdapat tiga hal yang penting dan utama yang akan menjadi fokus pembelajaran, yaitu :

1. Latihan Pernapasan

      Gerakan yang umum dalam hatha yoga adalah latihan pernapasan ditunjukan agar anda bisa fokus pada teknik pernapasan dan disepanjang sesi yoga instruktur mungkin akan memberikan latihan pernapasan yang berbeda untuk anda coba.

2. Postur Badan

      Pose Hatha Yoga adalah rangkaian gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan. Bentuk-bentuk pose Hatha Yoga diberikan agar anda bisa menyesuaikan dan meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh.

3. Meditasi

      Pose Hatha Yoga adalah rangkaian gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan. Bentuk-bentuk pose Hatha Yoga diberikan agar anda bisa menyesuaikan dan meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh.

Nah, Clean People! Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan ketika kita melakukan Hatha Yoga. Selain itu, setelah kita melakukan aktivitas, maka harus membiasakan untuk bersih-bersih diri, seperti : Bersihkan perlengkapan yoga, serta tidak lupa mencuci tangan setelah menyentuh permukaan matras.

Gunakan Cleanzer Wipes, Tisu basah antiseptic yang dapat membersihkan tangan dan juga mampu membersihkan barang-barang yang ada di sekitar kita. Dengan formula khusus “One Hours Guarding Mechanism”, menjaga agar kondisi kulit tetap higienis dan terasa segar hingga 1 jam setelah diusap. Selalu berikan perlindungan ganda untuk diri sendiri dan keluarga dirumah ya, Clean People!

manfaat melakukan hatha yoga